Rpp Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas Ix Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

MTs dilanjutkan dan tidak terpisahkan dari mata pelajaran Geografi RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata pelajaran IPS pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs dilanjutkan dan tidak terpisahkan dari mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah pada jenjang SMA/MA. Oleh sebab itu, pengembangan kompetensi Mata Pelajaran IPS SMP/MTs memperhatikan prinsip relevansi dan keberlanjutan (kontinuitas) dari kompetensi yang telah diberikan sebelumnya.

Khusus dalam pembelajaran IPS SMP/MTS sebagaimana Peta Kompetensi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas I – XII, kompetensi itu dicapai secara sedikit demi sedikit dalam tingkat perkembangannya mulai dari kelas VII hingga dengan IX. Pada Kelas VII-IX, kompetensi mata pelajaran IPS SMP/MTs dirumuskan sebagai berikut:

a. penerima didik pada kelas VII dan VIII diperlukan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional dan ASEAN serta pengaruhnya terhadap kehidupan, dinamika interaksi sosial budaya dan acara ekonomi dalam mendukung keberlanjutan kehidupan masyarakat, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara hingga masa pergerakan kebangsaan.
b. penerima didik pada kelas IX diperlukan memahami konsep ruang dan interaksi antarruang pada lingkup global, perubahan sosial, budaya, dan ketergantungan ekonomi dalam menghadapi arus globalisasi, perubahan dan kesinambungan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kemerdekaan hingga masa reformasi.

KI dan KD mata pelajaran IPS di SMP/MTs menjadi teladan dalam memilih ruang lingkup materi, proses pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut terkait dengan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca Juga:

👉 RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
👉 RPP IPA Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2018/2019 Terbaru
👉 Silabus IPS Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
👉 Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs  Revisi 2017
👉 Silabus Bahasa Indonesia Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama K Revisi 2017


Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan karakter penerima didik lebih lanjut.

Ruang Lingkup IPS Pendidikan Dasar ialah organisasi sosial, warisan budaya, lingkungan, ruang, waktu, keberlanjutan, perubahan, sumber daya dan acara ekonomi. Ruang lingkup mata pelajaran IPS di SMP/MTs, mencakup aspek-aspek sebagai berikut:

1. keruangan dan interaksi antarruang dalam lingkup nasional, ASEAN, dan Internasional;
2. dinamika interaksi sosial;
3. acara ekonomi untuk kesejahteraan bangsa; dan
4. perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia semenjak zaman praaksara hingga masa sekarang.

Mengingat pentingnya kiprah RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 bagi para guru, maka akan sangat fatal apabila guru tidak menyusunnya. Sekarang mari memikirkan balasan dari pertanyaan berikut: Apa sih yang menciptakan guru malas dalam menyusun RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Jawaban dari pertanyaan di atas sudah barang tentu mengarah pada penyebab dari sulitnya guru dalam menyusun RPP.

Untuk membantu meringkan kiprah para rekan guru khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) dalam menciptakan dan menyusun RPP Ilmu Pengertahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini saya berikan RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai materi rekomendasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran lainnya.
LihatTutupKomentar