Jenis dan Harga Mesin Kayu

Pemanfaatan mesin kayu modern akan membantu para pengusaha meningkatkan produktifitas. Bila memakai cara manual biasanya memerlukan waktu kurang lebih 5 hari ketika memproduksi seperangkat meja kursi tamu namun menggunakan mesin kayu cuma diperlukan waktu 2 hari saja. Kecuali lebih cepat, ongkos yang diperlukan pun berkurang. Bila cara manual perlu 4 orang maka dengan mesin kayu modern cuma butuh 1 orang operator. Dalam produksi mebel, setidaknya harus ada 6 macam mesin kayu berikut ini :
harga mesin kayu makita,bekas,serut kayu,murah,modern,maktec,duduk,potong kayu,

1. Mesin gergaji
Dibutuhkan dua macam mesin gergaji yaitu mesin gergaji kayu untuk membelah kayu menjadi papan kayu. Memiliki mata gergaji berbentuk circular. Kedua adalah mesin potong kayu untuk membuat bentuk-bentuk khusus misalnya lurus, miring, menyudut atau melengkung. Memiliki mata gergaji jigsaw atau semacam pisau bergerigi. Harga mesin kayu ini bervariasi mulai dari Rp.290 ribu hingga Rp.5 jutaan.

2. Mesin planner atau ketam
Seperti juga alat ketam manual yang digunakan oleh tukang kayu zaman dulu maka mesin planner pun cara kerjanya sama. Mesin serut berguna untuk menghaluskan permukaan sisi-sisi kayu atau papan. Sebuah mesin ketam bertenaga listrik malah bisa mempunyai 4 mata kikir yang dapat menghaluskan 4 sisi kayu dalam sekali kerja. Harga mesin kayu jenis ketam ini berkisar Rp.300 ribu hingga Rp.5,5 juta.

3. Mesin bor
Salah satu jenis mesin kayu yang sudah digunakan semenjak dulu. Gunanya ialah membuat lubang sekrup, dowel juga pen. Dengan mesin bor bertenaga listrik maka pekerjaan melubangi yang dulunya diputar dengan tangan, kini bisa dilakukan dengan cepat. Harga mesin kayu untuk mesin bor ini bisa dibeli mulai dari Rp.375 ribu dengan merek Krisbow.

4. Mesin profil
Fungsinya membuat profil di tepi kayu. Mesin perkayuan ini memanfaatkan mata pisau vertikal yang mengikis dari samping. Hasilnya cukup halus untuk finishing produk mebel. Harga mesin kayu jenis mesin profil ini berkisar Rp.680 ribu atau lebih tergantung dari spesifikasinya.

5. Mesin router
Serupa dengan mesin bor hanya saja mesin ini mempunyai mata bor yang dapat menghasilkan alur ataupun ulir pada kayu. Harga mesin kayu router ini cukup murah, bisa didapat mulai dari Rp.500 ribu untuk merek Modern.

6. Mesin sander (amplas)
Tahap finishing pengerjaan produk dari kayu biasanya adalah menghaluskan permukaan kayu atau mengamplas. Untuk mempercepat pengamplasan maka cara lama mengamplas secara manual harus ditinggalkan dan beralih menggunakan mesin amplas. Meski sama-sama menggunakan kertas amplas namun mesin amplas bekerja dengan lebih cepat. Harga mesin kayu jenis mesin amplas ini sudah bisa diperoleh mulai Rp.400 ribu merek Krisbow